Kamis, 08 November 2018

Apel Pagi sebagai Sarana Membangun Komitmen dan Disiplin Pegawai


KOMITMEN dan DISIPLIN PEGAWAI merupakan salah satu unsur suksesnya sebuah organisasi. Apel Pagi yang dilaksanakan setiap hari dapat menumbuhkan semangat kerja dan tali silaturahmi antar staf, hal tersebut justru lebih penting/dominan karena landasan awal yang kuat pada aspek KOMITMEN dan DISIPLIN PEGAWAI akan memudahkan di dalam penanaman visi, misi dan sasaran organisasi. Sekretariat Daerah menempatkan komitmen dan disiplin pegawai menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter pegawai.

Dalam kegiatan apel pagi, yang diutamakan adalah kedisiplinan mengikuti apel dan komitmen untuk selalu secara bersama membaca, memahami dan menerapkan visi, misi. Disamping itu, kesempatan apel pagi juga dimanfaatkan oleh pimpinan untuk sharing informasi dan memberikan arahan-arahan yang diperlukan dan bersifat motivasional kepada pegawai yang ada di Sekretariat Daerah.

Apel pagi bukan hanya sekedar berkumpul, berbaris rapi, hormat, laporan dan tata urutan protokoler lain seperti pada umumnya, namun dapat juga digunakan sebagai media positif untuk membangun dan mencapai tujuan instansi seperti yang telah dilakukan secara rutin dan konsisten oleh Sekretariat Daerah.

Komitmen dan Disiplin Pegawai merupakan salah satu unsur suksesnya sebuah Birokrasi atau Pemerintahan. Komitmen dan Disiplin Pegawai akan memudahkan di dalam pemahaman visi, misi dan sasaran  sehingga prosentase pencapaian target dapat lebih dioptimalkan.

Kesempatan apel pagi juga dimanfaatkan Pembina Apel untuk sharing informasi perkembangan Birokrasi, mengingatkan kembali tujuan organisasi dan memberikan arahan-arahan yang diperlukan kepada seluruh ASN.

Bukti lain efektifnya apel pagi adalah dapat terlihatnya kebersamaan sebab didalam melaksanakan apel, kita berbaris bersama, bersusun bahu bersama-sama, berpagar betis bersama, dengan pakaian juga yang sama dan inilah yang membuat kita sama.  Oleh karena itu, apel ini kalau benar-benar dihayati maka manfaatnya sangat besar, membuat kita adanya persamaan didalam kehidupan kita, sebab tidak mungkin pekerjaan yang begitu banyaknya dapat kita kerjaan dengan dua orang atau tiga orang. Dengan kebersamaan kita, maka kita dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Kegiatan ini dirasakan cukup efektif, terbukti adanya peningkatan disiplin pegawai tidak hanya terkait jam masuk dan pulang kerja saja tetapi juga disiplin dalam penyelesaian pekerjaan dan target-target yang menjadi tanggung jawabnya tanpa mengeluhkan jam kerja yang dijalani.

Apel pagi merupakan langkah yang baik untuk dilaksanakan. Dengan apel pagi banyak manfaat yang bisa kita peroleh bersama, bukan sekedar pembiasaan disiplin Pegawai, tapi sebagai sarana untuk penyampaian informasi penting, serta arahan dari pimpinan. disamping itu dengan apel pagi rasa kekeluargaan dan kebersamaan dapat tercipta. Jadi dengan adanya apel pagi, setidaknya ada pertemuan bersama antar Pegawai sebelum memulai aktivitas. Setelah melakukan apel pagi diakhiri dengan bersalam - salaman sebagi bentuk keakraban, kekompakan dan menghilangkan rasa ketidaknyamanan yang mungkin terjadi dalam tugas.




























































0 comments:

Posting Komentar